Asah Kreativitas Siswa lewat Pameran STEM

Asah Kreativitas Siswa lewat Pameran STEM

CIREBON- Berbagai cara untuk meningkatkankualitas siswa/i nya dilakukan SMA Sekar Kemuning Boarding School Cirebon. Salah satunya melalui kegiatampameran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM).

STEM menampilkan berbagai karya siswa di bidang science. Kepala SMA Telkom Sekar Kemuning Boarding School, Abdul Majid SPd I menuturkan, kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII.
Karya yang ditampilkan meliputi mata pelajaran Kimia, Biologi, Fisika untuk jurusan IPA.

Sedangkan untuk jurusan IPS meliputi ekonomi, geografi dan sejarah. \"Untuk IPS contohnya mereka membuat struktur bumi lempengan bumi atau yang IPA mereka membuat keterampilan mereaksikan campuran bahan kimia, konduksi dan kelistrikan,\" kata A. Majid, Minggu (23/2).

\"\"

Diharapkan dengan adanya STEM bisa mengasah kemampuan siswa untuk menampilkan kreativitasnya. Juga memberikan pemahaman lebih kepada mereka mengenai pelajaran.

Bertepatan dengan pameran ini, SMA Sekar Kemuning Boarding School Cirebon menggelar tes untuk para calon peserta didik. Sebanyak 45 calon peserta didik melakukan tes akademik, psikotes, BTQ, dan wawancara. Jumlah pendaftar di tahun ini terus meningkat.

Untuk yang tidak sempat melakukan tes di hari Minggu (23/2), dibuka layanan one day service hari ini, Senin (24/2) untuk tes dan pengumuman penerimaan akan dilakukan tiga hari.

Sementara itu, Ketua Panitia Literasi Science and Social, Maya Widiawati mengungkapkan, dalam memepersiapkan pameran ini, guru hanya andil dalam pembagian kelumpuk dan tema.

Siswa dibebaskan memilih materi yang dipamerkan. \"Persiapan sekitar 2 minggu, kegiatan ini juga mengasah kemampuan komunikasi mereka, karena mereka juga harus mempresentasikan apa yang mereka pamerkan, untuk total stan ada 32,\" jabarnya.

Salah satu siswa kelas X IPS, Izzatu Ma\'wah mengungkapkan, dengan digelarnya pameran jadi merasa semangat untuk mempelajari materi yang ingin dipamerkan.

Keterbatasan waktu mempersiapkan materi yang ingin dipresentasikan bersama anggota tim pun jadi tantangan untuk bisa membagi waktu dengan kegiatan belajar mengajar. (apr/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: